Jumat, 26 Februari 2016

Berbicara langsung dengan Allah melalui Al-Fatihah

Berbicara langsung dengan Allah melalui Al-Fatihah

Assalamualaykum guys,,

Happy jumuah mubarokah,, semoga ibadah kita di hari khusus umat islam yaitu jum’at bisa lebih mantab lagi, dan lebih maknyus lagi hehehe.

Kali ini azmi bakal membahas tentang surat Al-Fatihah sebagai sarana komunikasi langsung dengan Sang Pencipta yang tiada lain dan tiada bukan adalah Allah SWT.

Nah surat Al-Fatihah sendiri memliki banyak keistimewaan-keistimewaan yang dashyat, dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai keistimewaannya.

Apa sih istimewanya surat ini??? Mari kita simak bersama,, chekidot

Yang pertama, Al-Fatihah adalah surat yang paling agung dalam Al-Qur’an. Hal ini dibuktikan dengan Hadist Riwayat Bukhori ,Abd Dawud, dan Nasa’i. Berikut hadistnya

Abu Sa’id Bin Mu’alla berkata:

Pada suatu hari, aku sedang solat di Masjid. Selesai solat aku dipanggil oleh Rosullullah SAW. Kemudian, Rosullullah SAW pun bersabda ”aku akan mengajarkanmu sebuah surah yang teragung di dalam Al-Qur’an sebelum Engkau keluar dari masjid.” Aku bertanya, “Surah apakah itu, wahai Rosulullah?” Rosulullah SAW kembali bersabda, (ia adalah surah) segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Ia adalah tujuh ayat yang diulang-ulang (dalam setiap rakaat) dan Al-Qur’an yang agung yang diberikan kepada-Ku.

Istimewa kan? itu mengapa kita melantunkannya di setiap solat dan doa.

Nah yang kedua, Al-Fatihah merupakan surah yang paling utama di dalam Al-Qur’an, mengapa begitu? mari kita simak Hadist Riwayat dari Tirmidzi. Yang bunyinya seperti ini.

Abu Hurairah meriwayatkan bahwasanya Rosulullah SAW bersabda “Alhamdulillallahi Rabbil Alamin adalah Umm Al-Qur’an, Umm Al-Kitab, As-Sab’ul Matsani, Al-Qur’an Al-Azhim, Ash Shalat, Asy-Syifa’, dan Ar Ruqyah.”

Keren kan?  Al-fatihah adalah inti dari alquran, Ibunya alquran, ibunya al-kitab dll.

Nah yang ketiga, yang terahir, dan yang paling penting adalah surah Al-Fatihah menjadi salah satu sarana komunikasi kita dengan Sang Pencipta, surah yang di dalamnya termaktub munajat antara hamba dan Allah SWT.

Azmi nggak asal ngomong loh ya, ini juga ada dasarnya. Adapun itu tertulis dalam Hadist Riwayat Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, dan Ibnu Majah.

Berikut ini bunyinya :

Abu Hurairah mengatakan bahwa suatu saat Rosullullah SAW bersabda “Allah telah berfirman ‘Aku telah membagi (kandungan makna) surat Al-Fatihah untuk ku dan untuk hambaku menjadi dua bagian dan aku akan mengabulkan apa yang hambaku pinta.’

Apabila dia membaca ‘segala puji bagi Allah, Tuhan semsta alam’

Allah akan membalasnya dengan berfirman,’hamba-Ku telah memuji-Ku’

Apabila dia membaca ‘Zat yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang’

Allah berfirman ‘hamba-Ku telah memuji-Ku’

Apabila dia membaca, ‘yang menguasai di hari pembalasan’

Allah berfirman ‘hamba-Ku telah mengagungkanku’

Lalu Allah berfirman sekali lagi, hamba-Ku telah memasrahkan urusanya kepada-Ku.’

Apabila dia membaca ‘hanya Engkaulah yang kami sembah dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.’

Allah berfirman. ‘ini adalah urusan antara Aku dan hamba-Ku, dan Aku akan mengabulkan apa yang-Ku pinta.’

Apabila dia membaca, ’tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat (iman) dan bukan jalan mereka yang dimurkai dan bukan pulan jalan mereka yang sesat.’

Allah berfirman, ‘ini adalah untuk hamba-Ku dan dia akan mendapatkan apa yang dia pinta.’ ”

 

‘Aamiin’ bahkan inshaAllah Malaikatpun ikut mengaminkan.

Nah tuh, jadi Al-Fatihah adalah bentuk komunikasi nyata dan langsung dengan Allah SWT. Langsung dijawab oleh Sang Pencipta. Jadi diharapkan untuk membaca surat ini dengan lebih baik dan berikan jeda pada setiap ayatnya, jeda Allah merespon bacaan kita. Tapi bukan berarti surat lain boleh dibaca serampangan ya, semua surah dalam Al-Qur’an harus dan wajibul dibaca dengan baik dan benar.

Sebenarnya masih banyak manfaat dalam surat ini, semoga Allah masih memanjangkan usia saya untuk membaginya dilain hari, dan semoga semua informasi yang saya bagikan kali ini dapat bermanfaat bagi semua.

Aamiin

Oke terimakasih teman-teman sudah menyimak,

Pastikan bacaan Al-Fatihah kita lebih baik dari pada sebelumnya.

 

Always positive guys,

Love yaa in the name of Allah,

Wassalamualaykum,,

#ThePowerOfAl-Fatihah

#AllahAndMe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar