Kamis, 07 Januari 2016

Hayuk Bangun Pagi !!!

Hayuk bangun pagi!!!

Assalamualaykum guys,,  

Kali ini saya ingin membahas kebiasaan baru yang alhamdulillah sudah sukses saya  biasakan ditiap harinya. Kebiasaan  ini adalah bangun pagi hari. Sebelumnya saya jarang sekali bangun bagi kecuali untuk solat subuh dan kepentingan yang kebetulan membutuhkan saya di pagi hari seperti untuk kuliah dan pekerjaan . Entah itu mungkin karena siklus tidur saya yang tidak benar, karena dulu hampir setiap hari saya tidur setelah jam 12 malam, apalagi jika sudah terpaku dengan laptop dan pekerjaan ,bisa-bisa saya tidur setelah subuh atau menjelang pagi. Siklus tidur yang tidak baik, membuat saya terlihat lemas dan lelah setiap saat, saya juga sering tidur saat siang, bawaannya ngantuk mulu, stamina tidak maksimal  dan kantung mata yang hari demi hari terlihat seperti mahluk lucu bernama panda. Entah mengapa otak saya lebih suka aktif di malam hari, tapi itu dulu. Sekarang saya sudah merubah kebiasaan tidak sehat itu. will you???

Awalnya memang sulit untuk tidur awal dan bangun lebih pagi. Tapi saya terus coba hingga akhirnya sedikit demi sedikit mulai terbiasa meski terkadang saya masih mengalami insomnia. Ada tips nih buat yang mau membentuk kebiasaan bangun pagi.  Selain alarm, coba setel aplikasi azan di hapemu, yang nggak bisa mati sebelum kita yang matikan. Akan sangat merasa bersalah sekali ketika kita mendengar azan tetapi kita justru menundanya dan lebih memilih untuk tidur lagi. Padahal kan solat lebih baik dari pada tidur. Berasa menolak panggilan ilahi gitu loh.

Tips lainnya nih, pas temen-temen udah pada bangun , saya sarankan mandi dulu sebelum solat subuh, duh dijamin mellek deh apalagi kalo mandinya pake air dingin hehehe. Kalau takut dingin ya boleh lah pake air anget, itung-itung relaksasi badan dikit.

Selesai solat subuh, jangan tidur lagi ya temen-temen, saya dulu selesai subuhan pasti lanjut tidur, tapi itu dulu jaman jahiliyah, sekarang sudah sangat jarang kecuali benar-benar ngantuk dan lelah hehehe. Sekalian coba kebiasaan positif lainnya seperti ngaji dan dzikir pagi. Ngantuk sih emang ngantuk, tapi coba tahan sebentar, pasti habis itu nggak ngantuk lagi. Setan punya banyak cara untuk membuat kita jauh dari kegiatan positif, termasuk rasa ngantuk berlebihan.

Tips terahir dari saya, carilah kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa ngantuk. Sepeti melakukan hobi yang kalian punya, berolahraga, atau yang masih sekolah bisa dilanjutkan dengan belajar, mungkin ibuk-ibuk bisa masak atau bersih-bersih rumah, sedangkan bapak-bapak bisa baca koran harian, sapu halaman, bercocok tanam atau bantuin ibuk, romantis dikit lah pak hehehe. Kalau saya sih biasanya bikin kopi trus nulis deh. Kalau masih bingung bisa nonton televisi sambil nonton ada berita apa pagi ini, lumayan nambah pengetahuan, membaca bacaan-bacaan ringan sambil menikmati teh hangat-hangat kuku dan cemilan tipis-tipis di teras rumah. Udara pagi juga bisa menjernihkan pikiran mu. Saya menulis ini juga karena inspirasi pagi hehehe. Oksigen terbaik juga ada di pagi hari. Akan sangat rugi, jika hanya melewati pagi di dalam kamar. Itu seperti melewati waktu terbaik yang kita punya.

Jadi masih mau telat bangun pagi kah??

 

Always positive guys,

Love yaa in the name of Allah.

#morning Sunshine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar