Kamis, 14 Januari 2016

Membunuh Waktu Ala Azmi

Membunuh Waktu Ala Azmi

Assalamualaykum guys apa kabar??? Semoga selalu dilimpahkan kesehatan oleh Allah .

Kali ini azmi akan membahas cara-cara membunuh waktu, istilah lainnya mengisi waktu kosong yang inshaAllah bisa bermanfaat bagi kita. Mari kita simak bersama. Chekidot !!!

Yang pertama bawalah buku bacaan kemana saja kita pergi, biasanya saat kuliah dan kerja ada saja jeda waktu meski sedikit, yang kadang kita sia-siakan dan bingung cara menghabiskan waktunya seperti apa. Dari pada gosip yang nggak manfaat dan mikir yang aneh-aneh, nah membaca buku akan menjadi obat ampuh pada saat-saat seperti itu. Dengan membaca buku, tidak ada waktu yang kita sia-siakan, justru memperluas wawasan kita. Karena ngobrol nggak penting dan mengotak-atik handphone sudah mainstream buat saya.

Yang kedua, saya juga selalu membawa buku kecil saat saya pergi kemanapun. Semacam pocket book. Apalagi saat travelling, sambil menikmati alam kemudian mendeskripsikan keindahannya lewat tulisan. Travelling juga merupakan gudang inspirasi bagi saya yang baru belajar menjadi penulis. Saya bisa mengabadikan setiap momen lewat tulisan. Inspirasi datang kapan saja, termasuk saat diam dan tak melakukan apa-apa. Disitu fikiran mengajak kita untuk berfikir , berkreasi, berfantasi, dan tempat terbaik mewujudkannya lagi-lagi lewat tulisan. Inspirasi biasanya datang tiba-tiba itu alasan saya membawa pocket book kemanapun saya pergi. Nggak mesti penulis loh yang bawa pocket book kemana-mana. Pebisnis juga kadang menggunakan pocket book, untuk menulis peluang-peluang baik yang ada disekitarnya. Para koreografer yang tiba-tiba menemukan inspirasi gerak untuk tariannya juga kadang mencatatkannya melalui tulisan. Pocket book penting bagi semua kalangan. Bukan hanya untuk penulis.

Yang ketiga, belajar dan berlatih. Entah ini bisa diaplikasikan pada setiap orang atau tidak. Selain belajar lewat membaca dan menulis banyak yang bisa kita lakukan, belajar apapun itu. Tapi ini bisa disesuaikan dengan hobi dan apapun yang ingin dipelajari oleh teman-teman. Biasanya teman saya memanfaatkannya waktu luangnya untuk menghafal quran, bahkan ada yang belajar dan berlatih instrumen musik, melatih vocal untuk grub nasyidnya, ada yang belajar pelajaran-pelajaran kuliahnya, dan yang lucunya lagi ada yang belajar bermain catur, bermain rubik, bermain sudoku , bermain freecell dll, hehehe itu jatuhnya bermain atau belajar, entahlah lebih baik dari pada diam.

Yang keempat berolahraga, apapun olahraganya bisa jadi juga hobi dan kesukaan. Bisa berenang, sekedar lari-lari kecil, berjalan-jalan di kompleks rumah, mungkin juga bisa digunakan untuk mempelajari olahraga-olahraga baru yang belum kita kuasai, berolahraga sekaligus belajar. seperti memanah, berkuda, olahraga bela diri atau olahraga seru seperti bermain roller blade, dll. Olahraga bisa juga jadi ajang silaturahmi dengan teman-teman lain. Carilah olahraga yang membutuhkan rekan, seperti badminton, sepakbola atau futsal, basket dll. Sehat dapet, silaturahim juga dapet. Asik kan?

Yang kelima dan yang terakhir adalah travelling, lebih tepatnya ini adalah cara terbaik saya dalam menghabiskan waktu dalam jumlah yang banyak, biasanya jika tidak ada kegiatan yang penting, saya menggunakan waktu libur saya (sabtu-minggu) untuk travelling. Tidak usah jauh-jauh, selama ada salah satunya antara pantai , sungai, air terjun atau gunung itu sudah cukup menyenangkan hehehe. Waktu satu hari pun tak masalah, biarkan tubuh merasa bebas sekaligus bertafakkur alam dan belajar.

Sebenarnya banyak hal yang bisa kita lakukan, bahkan hal-hal simple seperti berdzikir, silaturahmi bersama teman meski hanya lewat media sosial, menonton berita ditelevisi. Menulis blog seperti ini, juga merupakan salah satu cara menghabiskan waktu. Intinya itu, bagaimana caranya agar waktu yang Allah berikan benar-benar bermanfaat bagi kita dan bagi orang lain, bukan untuk disia-siakan.

Karena waktu adalah uang, waktu adalah kesempatan, waktu adalah pengingat, waktu adalah segalanya, maka pergunakanlah waktu sebaik mungkin sebelum  waktu kita benar-benar habis , benar-benar diambil, dan benar-benar tanpa manfaat.

Jadi masihkah ada waktu untuk berdiam diri???

Always positve guys,

Love yaa in the name of Allah

#TimeIsEverything

2 komentar: