Selasa, 27 Maret 2018


MEMBACA LEBIH CEPAT

Oleh : Azmi Sadida Moeniri

Pada saat saya mengikuti kelas membaca via online, saya diberikan sebuah tantangan untuk membaca sebuah buku dengan tema membaca cepat. Pada saat itu saya sama sekali tidak ada ketertarikan untuk membaca sebuah buku dengan tema itu dan tidak ada keinginan untuk membaca dengan cepat, karena yang saya fikirkan jika membaca dengan cepat, saya mungkin tidak akan mengerti inti dari isi buku tersebut.

Namun karena kewajiban di kelas itu, maka saya mencari buku dengan tema tersebut, dan ketemulah sebuah ebook dengan judul Speed Reading For Beginner karya Muhammad Noer. Dan sangat baiknya beliau memberikan ebook ini dengan gratis. Sungguh murah hati. Temen-temen juga bisa download ebooknya dengan gratis loh di https://www.muhammadnoer.com/category/speed-reading/ .



Credit (muhammadnoer.com)


Beberapa halaman coba saya baca, bahasanya ringan dan mudah dimengerti. Kita juga di uji kemampuan baca dengan ukuran WPM (Word Per Minute), berapa kata sih yang bisa kita baca dalam semenit? Waktu itu saya mendapat nilai dengan kemampuan rata-rata. Tentunya itu bukan sesuatu yang bisa dibanggakan untuk orang yang hobi membaca. Namun semakin saya mengerti teknik yang benar dalam membaca cepat, semakin tinggi nilai dan kecepatan saya dalam membaca. Kata Pak Noer, untuk kebiasaan ini yang dibutuhkan hanya latihan.

Kita juga diajari memahami inti dari buku yang kita baca, supaya tidak ada yang terlewat dan mengerti maksud dari apa yang disampaikan bahan bacaan tersebut. Tak lupa pula kita diajak untuk menghilangkan kebiasaan buruk dalam membaca seperti membaca dengan keras, menggelengkan kepala mengikuti kata, menggerakkan bibir tanpa suara saat membaca dan mengulangi bacaan karena tak paham maksudnya, dan itu sangat membuang waktu.

Kecepatan mata sangat amat dibutuhkan dalam hal ini, kecepatan menangkap kata yang segera dikirimkkan ke otak. Tak perlu semua kata diresapi, kelompokkan kata-kata tersebut dan cari kata kuncinya. Intinya banyak banget deh ilmu yang bisa diambil dari buku tersebut. Mumpung Pak Noer sedang murah hati membagikan bukunya, manfaatkan dengan bijak ya guys.



Love yaa in the name of Allah

#speedreading

#membacacepat

#muhammadnoer

#speedreadingforbeginner

#goodhabits

Tidak ada komentar:

Posting Komentar