Minggu, 08 November 2015

Bagaimana Seharusnya Hidup Berjalan ?

Bagaimana Seharusnya Hidup Berjalan?

Kalau saya bilang sih jalanin saja, seperti air mengalir. Eits tapi inget air di sungai biasanya memiliki riak-riak, dan air di laut memiliki gelombang ombak, namun ada satu lagi  yaitu genangan air, yang hanya diam ditempat tanpa riak dan gelombang ombak. Air yang diam itu hanya bisa diinjak, mengering dan semakin kotor serta bau. Nah hidup kita sama seperti itu, biarkan hidup kita seperti air mengalir, yang nggak bakal seru kalau hanya diam ditempat, harusnya ada kerikiki-kerikil masalah, sedikit riak-riak cobaan, sedikit gelombang-gelombang bahagia dan derita. Jangan jadi genangan air, yang dibenci semua orang, dinjak-injak, dibiarkan begitu saja.

Jadilah air di lautan ataupun di sungai, yang bisa menghasilkan deburan ombak besar dan bisa menghasilkan terjunan air yang indah. Hiduplah dengan tantangan dan hadapi masalah yang ada, karena itu semua yang menjadikan kita besar. Tidak hanya besar, tapi indah dan bermanfaat bagi orang-orang  sekitarnya, sama seperti laut dan sungai bukan?

Lupakan masalah air, mari beralih ke kehidupan nyata tanpa pengandaian dan filosofi air. Saya belum hebat, indah dan bermanfaat. Saya juga menjalani hidup semampu saya dan semaksimal mungkin untuk menjadi manusia yang lebih baik. Saya bukan sok mengajari tentang cara hidup, karena saya pun masih menjalaninya dengan tidak begitu baik.  Sayapun berfikir dan mencari jalan bagaimana semestinya hidup yang baik itu, tapi keyakinan untuk menjadi manusia yang lebih baik membuat saya banyak belajar, dan lebih bisa menerima masalah-masalah yang saya alami sekarang serta lebih mengurangi keluhan-keluhan yang biasa saya ucapkan.

Rasa ingin kabur dari masalah juga sering saya alami, tapi saya sadar itu tidak akan menyelesaikan masalah, justru membuatnya semakin besar. Godaan untuk diam dan bermalas-malasan juga sering saya alami, tapi setiap melakukan itu perasaan resah, tidak tenang, dan gelisah sering datang, karena saya yakin itu hanya membuang-buang banyak waktu, yang saya yakini suatu hari nanti akan jadi penyesalan besar di masa depan.

Maka satu-satunya cara adalah bergerak, kalau sulit bergerak besar, mulailah dari gerakan-gerakan kecil, suatu hari pasti kamu akan tertantang untuk gerakan-gerakan yang lebih besar. Ada saatnya nanti rasa jenuh datang dibalik gerakan-gerakan itu, maka berhentilah sejenak, ingat tujuanmu bergerak untuk apa? Carilah gerakan gerakan lain dan mulailah kembali. Begitupun saat kita lelah, dan mulai putus asa. Nikmatilah dan akan selalu ada Allah yang mendengarkan keluh kesah kita dan memberikan solusi atas semua masalah yang kita hadapi. Jadi jauh-jauh lah dari kata putus asa dan menyerah. Kata-kata itu lebih cocok  untuk orang-orang statis seperti genangan air.

Nikmati saja setiap arusnya, semakin banyak masalah yang bisa kita hadapi akan semakin banyak pelajaran yang bisa didapat. Semakin besar masalah yang kita hadapi, akan menjadikan kita manusia yang besar pula.

Jadi ingat quotes dari Uncle John nih :

Seiring kekuatan yang besar, akan datang tanggung jawab yang besar

Sekian guys semoga bermanfaat,,

 

Always positive ,

Love yaa in the name of Allah.

Hari ka 17

Tulisan ke 17

Jadi bermanfaat #30DWC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar