Minggu, 01 November 2015

Indonesia Memang Indah, Tapi Bukan Berarti Negara Ini Melarangmu Pergi Keliling Dunia

Indonesia Memang Indah, Tapi Bukan Berarti Indonesia Melarangmu Berkeliling Dunia

Agak songong sih buat judul kayak ini, padahal keluar negeri aja belum pernah.  Jangankan keluar negeri, liburan di indonesiapun jarang tapi bukan berarti tangan saya tidak bisa menulis karena kurang jalan-jalan loh ya. Saya juga punya banyak bahan yang bisa saya bagi dan saya explore ke temen-temen mengenai negeri indah ini dan negeri nun jauh disana yang belum pernah saya kunjungi.

Saya berencana memulai perjalanan hidup saya bulan juni taun depan. Negara pertama yang akan saya kunjungi adalah Singapur. Persiapan saya sudah 50%. Saya berencana pergi dengan seorang teman saya, si Sherly. Kami akan sedikit kesepian jika pergi hanya berdua saja, akhirnya kami putuskan mengajak satu teman lagi. Masalah pun dimulai, Ini nih yang bikin jengkel, bukannya mau ikut, ini anak malah ngata-ngatain kami waktu itu. saya dibilang belagu lah, lagak lu lah, ngapain pake keluar negeri, kalau di negeri kita aja masih banyak yang belum dikunjungi, Indonesia sudah cukup indah, jangan banyak gaya lah, cintai negerimu dulu, baru negeri orang lain’, gitu kira-kira bunyi omelannya.

Bete nggak tuh, kita niat baik mau ngajak, eh malah digituin. Kita juga tahu kalau Indonesia itu indah, tapi bukan berarti kita harus diam saja disini. Kita keluar negeri juga bukan untuk liburan saja, banyak ilmu yang mesti kita ambil, entah itu dari budaya dan kebisaan baik mereka. Kita pergi keluar negeri juga bukan untuk meninggalkan Indonesia, tapi demi kemajuan diri sendiri dan bisa mengambil banyak pelajaran dari perjalan hidup kami. Jangan cuman bisa jago kandang. Rakyat Indonesia butuh banyak belajar, dan diam ditempat bukan solusinya. Sulit untuk kita lebih berkembang jika tidak mau belajar dari negara maju diluaran sana. Jangan mengurung diri disini. Negara bahagia jika kamu punya keberanian untuk mengambil kesempatan ini.

“Pergilah kalian karena ilmu dan perjalanan hidup”, aku yakin kalimat ini yang negara kita katakan untuk para pemudanya. Banyak pelajaran yang bisa kita ambil saat berkunjung (travelling) ke negeri lain, seperti ilmu dan wawasan yang lebih luas, mental yang tangguh, keberanian yang besar, rasa percaya diri yang kuat, tahan banting, pengalaman yang hebat, perjalanan hidup yang luar biasa, rasa syukur yang tinggi, diri yang lebih mandiri dari sebelumnya.

Itu semua lebih baik dari pada hanya diam. Oke tidak masalah, kalau kita mengelilingi indonesia, karena itu impian saya juga, tapi kita tidak perlu anti dengan negara lain. Rata-rata mereka yang pernah mengenyam pendidikan ataupun hanya sekedar bekerja di luar negari memiliki keberanian dan kualitas diri yang lebih baik dari pada orang yang tidak pernah melakukan perjalanan ke kuar negeri, karena menurut survei mereka yang tidak mau pergi dari zona nyamannya adalah orang yang tidak berani mengambil resiko apapun di dalam hidupnya, dan itu bukan lah tindak yang menunjukkan keberanian, mereka merasa dirinya tidak mampu.

Jadi alasan mereka sebenarnya bukan mencintai indonesia , tapi mereka merasa tidak mampu. Mereka mengatakan itu sebagai kedok untuk menutupi ketidak mampuannya. Karena yang cinta terhadap negerinya akan memperbaiki diri untuk kebaikan negara, membawa nilai positif dari negara lain untuk negara kita indonesia.

Presiden aja berkunjung keluar negeri ,entah itu untuk kerjasama diplomasi ataupun hanya perbandingan negara. Apakah bapak presiden tidak mencintai negerinya karena dia pergi keluar negeri? justru sebaliknya itu demi kebaikan negara kita sendiri, nah ini lah yang harusnya kita lakukan meskipun kita tidak berdampak besar seperti presiden tapi setidaknya kita bisa banyak belajar.

Sebagai penutup, Saya ada sebuah puisi untuk negara kita indonesia termasuk para pemudanya.

Kemana Mimpi Itu Kan Kembali ?

Oleh : Azmi Sadida Moeniri

 

Jalan Kehidupan  sudah membuat kita yang enggan bermimpi

Menjadi manusia yang penuh dengan mimpi

Dilahirkan di bumi pertiwi

Bukan berarti mimpiku berhenti dsini

Banyak mimpi besar yang ku simpan rapi didalam hati

Tak ada cara lain untuk memuaskan hati

Kecuali membuat mimpi itu menjadi pasti

Bukan mimpiku sendiri

Tapi mimpi dari sebuah negeri

Negeri yang kini aku tempati

Negeri para pejuang mimpi

Untuk mimpi besar ini

Aku harus melangkahkan kaki

Keluar dari negeri ini

Menjemput semua asa untuk ibu pertiwi

Mengambil semua ilmu untuk ibu pertiwi

Mengemban mimpi besar itu didalam diri

Bukan menjadi manusia hebat untuk dirinya sendiri

Jadilah hebat untuk bumi pertiwi

Tak perlu kau ikrarkan janji kesana kemari

Untuk membuat negerimu menjadi negeri penuh mimpi

Pergilah melanglang buana kesana kemari

Lakukan apapun yang kau gemari

Lakukanlah semaumu tanpa kendali

Tapi jangan lupa jalan kembali

Jalan kembali ke bumi pertiwi

Kemana lagi kau akan pergi

Setelah semua kau arungi

Tiada tempat lagi selain kembali

Dan kau abdikan semua yang telah kau dapati

Karena mimpi kan membawamu kembali

kembali ke bumi pertiwi

 

demikian ulasan saya mengenai indonesia dan seluruh dunia yang akan kita kunjungi dikemudian hari.

 

Always positive guys,

love yaa in the name of Allah.

Hari ke 11

Karya ke 11

Lets go around the world for #30DWC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar