Senin, 16 November 2015

Jadikan Membaca Sebagai Habits

Jadikan Membaca Sebagai Habits

Kebiasaan yang baik akan membentuk pribadi yang baik. Kata-kata itu saya peroleh ketika membaca sebuah buku mengenai habits. Bicara tentang membaca, membaca juga merupakan kebiasaan yang baik. Nah maka dari itu saya akan membahas pentingnya kebiasaan membaca pada tulisan saya kali ini.

Kenapa membaca itu penting sih?

Kenapa hayo?

Menurut saya pribadi kenapa membaca itu penting karena hampir semua ilmu yang saya dapatkan selama ini, 80 % berasal dari membaca. Kebanyakan orang pintar dan hebat memiliki kebiasaan membaca dan membaca membuat mereka kaya akan ilmu pengetahuan serta mampu memperluas wawasan dengan berbagai informasi. Saya bisa menulispun karena saya banyak membaca.

Saya bisa berkomunikasi dengan banyak orang dengan macam-macam latar belakangpun karena saya sering membaca. Semakin banyak wawasan yang kita punya, semakin mudah kita berkomunikasi dengan banyak orang. Akan selalu ada topik yang dibicarakan. Wawasan saya juga lebih baik ketika saya menjadikan membaca sebagai kebiasaan. Meski wawasan saya masih terbilang sedikit, namun ketika berkomunikasi dengan orang lain, saya masih bisa menaggapi topik yang mereka bicarakan. Mulai dari olahraga, pendidikan, politik, bisnis bahkan untuk dunia hiburan dan mistis. Ilmu saya memang masih terbatas dan hanya bisa menanggapi sedikit-sedikit sesuai dengan apa yang saya ketahui dan pernah baca sebelumnya. Meski hanya bisa sedikit-sedikit, tapi setidaknya kita tahu dan tidak terlihat bodoh di mata orang-orang.

Sebenarnya semua orang itu suka membaca kok, cuman mereka itu malas memulai kebiasaan tersebut. Usahakan gunakan waktu luang kita dengan membaca, dari pada digunakan untuk bermalas-malasan. Ambil buku dengan topik yang anda sukai, lalu baca deh di kursi malas anda, gampang kan? Istirahat dapet , ilmu juga dapet. Sekali menyelam dua tiga pulau terlampaui. Jikalau mungkin jadikan pengantar tidur atau teman minum teh.

Jika sulit dengan buku-buku tebal, mulailah dengan bacaan-bacaan ringan, seperti koran harian atau majalah hobi. Sambil membaca koran bisa menikmati segelas teh dan kudapan. Menyenangkan bukan? Jangan menggangap membaca adalah kegiatan yang serius dan membosankan karena anggapan seperti itu membuat kita takut dengan membaca. Membaca adalah salah satu cara bersantai bagi saya. Saya bisa rileks dan mengistirahatkan tubuh saya ketika membaca. Santailah, membaca tidak seseram itu. Membaca itu menyenangkan.

Jadi teringat salah satu quotes di perpustakaan BI Surabaya. Saya modifikasi sedikit quotesnya. Begini bunyinya. “Manusia tanpa membaca bagaikan rumah tanpa jendela, karena membaca merupakan jendela dunia”  Jadi jangan mau tinggal dirumah yang tidak ada jendela di dalamnya, bacalah buku dan bangun jendela besar dirumahmu.

Gimana? Masih takutkah membaca?

Banyak topik menarik kok yang bisa kita baca. Kalau masih bingung, carilah buku yang berkaitan dengan kesukaan teman-teman, yang berkaitan dengan hobi teman-teman. Dijamin ketagihan.

Jadikan membaca sebagai samudra wawasanmu,,

Always positive guys,

Love yaa in the name of Allah

Hari ke 24

Karya ke 24

Reading is sexy #30DWC  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar