Rabu, 04 November 2015

Menjaga Kesehatan Diri Sendiri

Menjaga Kesehatan Diri Sendiri

Menjaga kesehatan diri sendiri itu perlu. Sudahkah kita melakukannya? Saya yakin temen-temen disini apalagi yang perantauan, ataupun anak kos pasti sering lalai dalam menjaga kesehatan diri sendiri.  Makan-makanan instan? Nggak olahraga? Kebanyakan ngemil? Jarang makan buah? Cara hidup yang nggak bersih? Pokoknya jauh dari kategori hidup sehat, yak kan? Apalagi kayak saya yang uang hidupnya pas-pasan hehehehe.

Tapi coba temen-temen pikir, tubuh kita sendiri adalah aset terbaik yang kita miliki dan kesehatan itu tidak bisa dibeli dengan apapun. Jadi mari kita hargai diri kita sendiri, sebelum menghargai hal-hal lain, ataupun orang lain. Kebayang kan kalau kita sakit, apapun nggak bisa kita lakukan dengan maksimal. Kuliah nggak maksimal, kerja nggak maksimal, intinya ngapa-ngapain jadinya nggak maksimal.

Saya ingin menunjukkan cara hidup sehat yang simple menurut saya sendiri, chekidot. Pertama usahakan jangan mengkonsumsi apapun yang bersifat instan. Kebanyakan dari mereka mengandung bahan-bahan kimia, mulai dari pengawet, pewarna dan perasanya. Sebenernya mereka masih boleh dikonsumsi tapi tidak untuk sehari-hari, ada batasnya. Mereka berdampak kurang baik bukan untuk sekarang tapi jauh-jauh hari setelahnya. Lebih baik makan-makanan yang kalian buat sendiri, bersih dan bergizi. Kan seru bawa bekal makanan sendiri kemana-mana, ada rasa bangga gitu.

Kedua, makanlah buah-buahan, karena buah merupakan salah satu pasokan vitamin terbaik, kalau nggak mampu beli buah kiloan, beli yang di gerobak aja. Lumayan seribuan, Tapi sejujurnya saya juga kurang percaya dengan pedagang-pedagang semacam itu, saya lebih percaya pada diri saya sendiri hehe, maksudnya saya lebih baik beli sendiri dan mengupasnya sendiri, memastikan semuanya tidak tersentuh oleh tangan-tangan orang lain dan mikroorganisme. Semenjak acara  Reportase bermunculan saya tidak pernah percaya lagi dengan masakan yang tidak saya masak sendiri, tapi  saya kadang masih beli di bang gerobak kok, kalau kepepet. Yang kurang saya sukai adalah  mereka suka merendam buah-buahan mereka ke air kapur, jadi permukaannya lebih tahan lecet gituh, tapi nggak semua kayak gitu kok, masih ada pedagang jujur, jadi pinter-pinternya kita aja sih.

Ketiga, olahraga juga penting. Olahraga yang paling sering saya lakukan adalah jalan kaki dari kos ke kampus, sekitar 2 km lah per hari pulang pergi. Itu sudah lumayan kok. Kalau pun nggak jalan, bisa maen holahoop di kamar kos, ato maen jump rope (lompat tali). Keringetan dikit penting loh. Kadang saya juga selingi sama yoga dan pilates meski nggak setiap hari. Dikit-dikit angkat beban juga, 1kg-2kg. Intinya sempatkan olahraga apapun bentuknya, kalau masih susah ya bisa renang semingggu sekali atau kalau bosen sendiri bisa maen badminton bareng temen-temen. Ah kalian pasti punya olahraga yang kalian suka masing-masing kok, nggak perlu dikasih tau, yang pasti olahraga itu penting.

Keempat, sebisa mungkin hidup bersih. Jangan terlalu sering menumpuk cucian di pojokan kamar, banyak nyamuk noh. Rutin ganti seprai, biar nggak banyak tungau hehe kalau perlu jemur tu kasur. Kamar mandi juga jangan lupa dibersihin sarang penyakit soalnya. Sampah juga dibuang jangan dibiarin geletakan. Jangan jadi orang yang jorok lah. Untuk yang satu ini saya juga masih belajar, jadi semangat berjuang sama-sama.

Udah itu aja sih tips simple menjaga kesehatan, terutama buat temen-temen yang ngekos. Intinya gini sih, kalau temen-temen masih susah untuk hidup sehat, coba mikir-mikir, siapa lagi yang bisa menghargai kesehatanmu kecuali dirimu sendiri? siapa yang dirugikan kalau temen-temen sakit? jadi sayangi diri sendiri karena tubuh kita adalah aset terpenting bagi diri kita sendri.

 

Semoga bermanfaat guys

Always positif,

Love yaa in then name of Allah.

Hari ke 14

Karya ke 14

Keep Healthy For #30DWC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar