Selasa, 03 November 2015

Menghormati Orang Tua dalam islam

Menghormati Orang Tua Dalam Islam

Saya pernah melihat sebuah video milik Nauman Ali Khan di youtube, kebetulan yang dibahas adalah hormat kepada orang tua di dalam islam. Disini saya akan mengulas tentang cara mengormati orang tua dalam islam, tentunya bersumber dari video Ustad Nauman Ali Khan yang telah saya tonton. Di awali dengan membaca surah Al Anaam ayat ke 151, yang berisi  tentang larangan didalam islam. Di dalamnya disebutkan sebuah kalimat yang berbunyi wabil walidaini ihsanan yang artinya berbuatlah yang terbaik kepada orang tuamu. Sebernarnya menghormati orang tua dalam versi lengkap ada pada surah Al Israa. Tapi disurat Al Annam ada satu kalimat yang menjelaskan tentang orang tua, padahal secara umum surat ini menjelaskan tentang larangan-larangan dalam islam, itu mengapa beliau membahasnya, karena jarang orang menyadarinya.

Jika dilihat-lihat dan dijabarkan dalam surah Al Anaam ayat 151 ini sebenarnya berisi tentang larangan-larangan dalam islam seperti jangan mempersekutukan Allah, jangan membunuh anak-anak karena miskin, jangan mendekati perbuatan keji baik yang nampak maupun tersembunyi, dan jangan membunuh kecuali dengan alasan yang dibenarkan. Hampir  semua isinya adalah larangan namun yang membuat Ustad Nauman Ali Khan garuk-garuk kepala saat itu adalah ada satu kalimat yang bersifat anjuran yaitu wabil walidaini ihsanan, yang saya sebutkan tadi ,berikan yang terbaik untuk orang tuamu. Yang terbaik loh ya, itu berarti apapun yang bukan terbaik itu dilarang. Apapun yang bukan terbaik untuk mereka, lebih baik kalian tidak melakukannya. The best only for them. hanya yang terbaik  yang boleh kalian berikan.

Allah khususkan satu kalimat diatas, karena kalimat tersebut mengharuskan kita  untuk melakukan yang terbaik. Jadi ini jelas kan? yang terbaik, selain itu adalah haram, selain itu adalah dosa. Tidak ada alasan, tidak ada tawar-menawar, dan tidak ada yang perlu didebatkan. Lantas ada yang bertanya,

 Tapi orang tua saya jahat?

Tapi orang tua saya ngeyelan ?

Singkat saja, apapun alasannya wajib bagi kita melakukan yang terbaik bagi mereka.

Terbaik seperti apa sih?

Berbicara dengan mereka dengan cara terbaik,

Memperlakukan mereka dengan cara terbaik

Memberikan hadiah yang terbaik

Bersopan santun dengan cara yang terbaik,

Bersabar dengan mereka dengan sabar yang terbaik

Dan berikan waktu yang terbaik untuk mereka, jangan buat pacaran dan kerja saja tuh waktu.

Bahkan jika mereka menyimpang dari agama Allah, kita wajib melakukan yang terbaik buat mereka. Berikan mereka nasihat terbaikmu dengan cara terbaikmu, sopan santun dan sabar terbaikmu. Hanya dengan cara yang baik islam akan diterima.

Kurang lebih seperti itu isi dari videonya. Masuk akal sih, secara orang tua udah mempertaruhkan nyawanya untuk menghadirkan kita ke dunia, yang memberikan apapun demi kebaikan kita, yang selalu mengorbankan apapun untuk kesejahateraan kita. Sudah saatnya kita membalas budi mereka dengan melakukan hal-hal terbaik buat mereka. Tapi ingat sebaik apapun kita pada mereka tetap tak mampu membalas semua kebaikannya.

Bidadari kita di dunia nih, jadi kita wajib mencintai mereka dengan cara-cara terbaik. Ada satu ayat lagi yang menarik dari surah an nahl ayat ke 78, kira-kira begini artinya “dan Allah mengeluarkanmu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui suatu apapun dan dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur”.

Jadi bersyukurlah, dan jangan lupa berterimakasihlah pada orang tuamu, buatlah bahagia disisa hidupnya.

Ridho Allah adalah ridho orang tuamu.

 

Always positive guys

Love yaa in the name of Allah

Hari ke 13

Karya ke 13

Respect ur parents #30DWC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar